Overblog
Edit post Follow this blog Administration + Create my blog
Ariel

Ariel

Blog Pusat Informasi Bermanfaat untuk Semua Orang

OJK Meluncurkan Platform Pemantauan Fintech Online

OJK meluncurkan platform pemantauan fintech online di tengah pertumbuhan industri yang cepat.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah meluncurkan Gerbang Elektronik untuk Sistem Informasi Keuangan Digital (Gesit), yang dikatakan sebagai cara yang lebih efisien untuk memantau perkembangan teknologi keuangan (fintech) di tengah pesatnya pertumbuhan industri di negara ini.

“Platform ini masih dalam tahap awal. Perkembangan selanjutnya sedang dalam perjalanan, ”kata wakil ketua OJK Nurhaida di Jakarta pada hari Selasa.

Gesit adalah sistem registrasi online untuk startup fintech yang ingin mengembangkan bisnisnya melalui OJK Infinity, pusat inovasi, inkubator bisnis, dan pusat pendidikan untuk fintech yang didirikan tahun lalu.

otoritas jasa keuangan indonesia

Melalui platform yang baru diluncurkan, pemangku kepentingan industri fintech juga bisa mendapatkan akses ke berita terbaru tentang masalah fintech dan membuat janji temu konsultasi dengan tim OJK Infinity.

OJK Infinity telah menerima 121 pendaftaran fintech baru, di mana 48 startup fintech telah diverifikasi dan siap untuk memulai bisnis mereka.

Otoritas tersebut sedang mempersiapkan beberapa kebijakan untuk memacu perkembangan fintech di Indonesia, kata ketua OJK, Wimboh Santoso.

"Kami akan meluncurkannya sebelum akhir tahun," tambahnya, tanpa merinci kebijakan yang diusulkan lebih lanjut.

OJK juga menilai kemungkinan kemitraan dengan negara-negara Asia Tenggara lainnya untuk mewujudkan visi semacam itu, kata Wimboh.

OJK, yang bertanggung jawab untuk mengatur pinjaman fintech peer-to-peer, telah mengeluarkan lisensi operasional untuk 127 perusahaan fintech pada Juli. Pada bulan itu saja, nilai transaksi pinjaman fintech mencapai Rp49,7 triliun (US $ 3,5 miliar), meningkat dari Rp44,8 triliun yang dicatat pada bulan sebelumnya, data menunjukkan.

Share this post

Repost0
To be informed of the latest articles, subscribe:

Comment on this post