Overblog
Edit post Follow this blog Administration + Create my blog
Ariel

Ariel

Blog Pusat Informasi Bermanfaat untuk Semua Orang

Cara Berkolaborasi dengan influencer: Panduan Bagi Pemasar

Pemasaran influencer bukanlah sesuatu yang baru. Bahkan, sebagian besar kampanye pemasaran yang kita lihat saat ini selalu menyertakannya. Mendapatkan influencer di kampanye adalah mudah, tantangan sebenarnya adalah mengetahui influencer yang tepat untuk bekerja sama dan bagaimana cara terbaik untuk bekerja bersama mereka.

Berikut adalah beberapa tips untuk sesama pemasar berdasarkan pengalaman saya:

Mulailah dengan tujuan

Ini adalah langkah pertama untuk menjawab kampanye mengapa, apa, siapa, bagaimana, dan kapan. Kenapa kita melakukan ini? Apa yang ingin kita komunikasikan? Dengan siapa kita ingin influencer berbicara? Bagaimana kita mengukur kesuksesan? Kapan kita mulai?

Sekarang pilih influencer Anda berdasarkan pada tujuan yang ditetapkan

Jika tujuan utamanya adalah kesadaran, jangkauan harus menjadi pertimbangan utama untuk pemilihan influencer Anda, yang dapat ditentukan hanya dengan melihat jumlah pengikut mereka. Pastikan untuk melakukan uji tuntas Anda untuk memeriksa apakah semua pengikut mereka adalah pengguna yang ada. Untuk ini, Anda dapat mempertimbangkan bekerja dengan agensi pihak ketiga dengan metrik yang telah dicoba dan diuji dalam menentukan berapa banyak pengikut sesungguhnya yang dimiliki influencer, seperti Gushcloud.

Sekarang, jika Anda memacu keterlibatan tinggi atau tingkat interaksi yang lebih dalam dengan audiens target Anda, jangkauan menjadi kursi belakang dan kualitas konten sekarang menjadi sorotan. Penting untuk selalu menyelaraskan minat influencer dengan merek, produk, atau layanan Anda, lalu memeriksa apakah jenis konten yang telah mereka terbitkan adalah pekerja keras, menarik dan yang paling penting, asli.

Pastikan influencer yang akan berkolaborasi dengan Anda benar-benar memahami apa yang akan mereka sampaikan

Kesediaan influencer untuk berkolaborasi sangat penting. Untung sebagian besar influencer di Indonesia sangat terbuka untuk diskusi. Sebelum memulai kampanye dengan influencer, undang mereka ke kantor Anda atau bahkan ke restoran tempat kedua belah pihak dapat berbicara lebih banyak tentang merek, produk, atau layanan; memeriksa rincian kampanye, khususnya pengiriman pesan; dan menyetujui KPI. Melakukan hal itu tidak hanya akan membuat mereka menyadari betapa pentingnya peran mereka dalam kampanye, tetapi juga membuat mereka merasa dihargai oleh orang-orang yang mempekerjakan mereka, yang akan sangat bermanfaat dalam jangka panjang.

Belajarlah untuk memercayai influencer yang Anda pilih untuk bekerja dengannya

Seperti yang disebutkan sebelumnya, kolaborasi sangat penting. Bekerja dengan influencer seharusnya merupakan proses dua arah, bukan kediktatoran. Jika Anda memilih mereka karena Anda tahu mereka adalah influencer yang tepat untuk pekerjaan itu, percayalah pada mereka dengan proses kreatif mereka tetapi juga ingatlah untuk menjadi jelas dengan pedoman Anda sebelum mereka mulai. Tidak ada yang mengenal audiens mereka lebih dari mereka, jadi beri mereka kebebasan untuk menceritakan kisah merek Anda melalui kata-kata mereka sendiri. Proses kreatif yang ideal akan menghasilkan konten sosial yang otentik dan berdampak.

Selalu kembali ke tujuan

Penting untuk memeriksa kinerja influencer pilihan Anda terhadap sasaran kampanye yang ditetapkan. Ini harus dilakukan setiap minggu jika tidak setiap minggu, tergantung pada durasi kampanye. Jika mereka tidak melakukan seperti yang diharapkan, menjangkau mereka lagi dan menghasilkan solusi bersama. Sekali lagi, kolaborasi adalah kuncinya. Padahal, itu adalah kunci kesuksesan.

Share this post

Repost0
To be informed of the latest articles, subscribe:

Comment on this post